Olahraga Pada Malam Hari, Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan ?




Hallo Sahabat !

Bagaimana kabar anda hari ini Sahabat ? Apa hari ini anda berada dalam kondisi yang fit atau tidak ?. Kondisi tubuh yang bugar begitu menentukan tingkat produktivitas anda, ini berlaku untuk semua kegiatan yang kita lakukan. Misalkan saja saat bekerja kita dalam kondisi yang kurang fit, tentu saja semua terasa berat dan hasil yang kita dapat biasanya kurang maksimal.

Waktu kerja yang padat kadang membuat kita tak bisa menyempatkan diri untuk berolahraga, Biasanya mereka yang sibuk dari pagi sampai sore hari, menyempatkan waktu untuk berolahraga pada malam harinya, seperti bermain futsal atau badminton. Ada beberapa pendapat jika olahraga pada malam hari itu tidak baik namun ada juga yang mengatakan sama saja halnya dengan berolahraga di pagi atau sore hari.
Bagaimana menurut anda ? berikut beberapa pernyataan soal baik dan buruknya olah raga di malam hari

Baiknya olahraga dimalam hari karena ;

  • Olahraga malam hari dikatakan mampu membuat tidur kita jadi lebih lelap jika dilakukan 2 atau 3 jam sebelum waktu tidur, seperti yang kita tau olahraga dimalam hari bisa membakar kalori lebih banyak dan membuat anda menjadi begitu lelah. Dengan kondisi tubuh yang demikian , membuat anda lebih mudah beristirahat dan tidur jadi lebih lelap
  • Dapat mengringankan stress akibat kesibukan selama bekerja dari pagi sampai sore hari


Buruknya olahraga dimalam hari karena;

  • Olahraga dimalam hari memperbesar resiko cedera, karena pada malam hari adalah waktu tubuh untuk istirahat. Jika pada saat itu pula kita melakukan olahraga, otomatis resiko cedera juga besar karena kondisi tubuh yang sudah lemah. Menurut Dokter Sapto Adji Hardjosworo    (spesialis ortopedi di RS.Premier Bintaro), manusia memiliki ritme biologis yang dikenal dengan irama sirkadian, dimana ritme tersebut dipengaruhi hormone melatonin (hormon tidur), hormon ini akan meningkat saat hari telah gelap sehinnga memberikan rasa kantuk. Oleh karenanya, olahraga dimalam hari dikatakan akan memaksa tubuh yang sudah siap untuk istirahat (tidur).
  • Olahraga pada malam hari juga tidak baik jika dilakukan diluar ruangan, karena udara dimalam hari lebih kotor,lembab dan basah sehingga tidak baik untuk kesehatan. Selain itu juga malam hari oksigen juga lebih tipis, sehingga lebih mudah tercemar oleh gas seperti CO2.
  • Olahraga malam yang dilakukan berdekatan dengan waktu tidur biasanya akan menyebabkan anda sulit untuk tidur atau tidur tidak nyenyak.



Postingan terkait: