Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Tangan

( images from : www.rsiafamily.com )

Hallo Sahabat !

Hidup sehat tidak hanya seputar makanan 4 sehat 5 sempurna dan rutinitas berolah raga.Hidup sehat juga meliputi bentuk kesadaran kita akan kebersihan lingkungan sekitar dan anggota tubuh kita.Nah, disini saya akan berbagi sedikit soal cuci tangan, ya cuci tangan.Hal sepele ini kerap kali membuat kita sakit karena kuman atau virus yang masih menempel ditangan kita.

5 poin berikut akan membantu kita untuk lebih memperhatikan lagi kebersihan tangan kita.


1. Setelah dari toilet tidak mencuci tangan

Setelah dari toilet biasakanlah untuk mencuci tangan anda terlebih dahulu, karena bisa saja kuman itu masih menempel ditangan anda.Ahli mikrobiologi University of Arizona bernama Charles Gerba, PhD menyebutkan bahwa, area wastafel dan gagang pintu toilet merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.Belum lagi jika anda menggunakan toilet umum,belum tentu semua yang keluar masuk toilet tersebut peduli akan kebersihannya.

"Kulit bisa membuat pertahanan sendiri. Namun, bagian tubuh lain seperti mata, mulut dan alat kelamin merupakan area berpori di mana kuman bisa menyelinap ke dalamnya," kata Aileen Mart, MD, profesor penyakit menular di Florida International University, Miami.

2. Tidak atau lupa menggunakan sabun

Selain wangi sabun juga mampu mengurangi sisa kuman ditangan anda, atau bisa jadi bersih total terhadap kuman.Elaine Larson PhD, profesor epidemiologi di Columbia University Mailman School of Public Health, New York City menyebutkan sabun yang dilengkapi alkohol akan lebih efektif membunuh kuman.
Namun,ada baiknya anda menggunakan sabun cari.Kenapa ? karena beberapa pakar kesehatan juga menyarankan untuk memakai sabun cair dikarenakan sabun batangan rentan terkontaminasi.
Untuk sabun yang diklaim mengandung anti-triclosan,mungkin sebaiknya anda tidak terlalu teriming-imingi dengan kasiat anti-triclosan, karena belum banyak bukti yang nyata bahwa sabun dengan kandungan tersebut bisa membunuh kuman lebih baik.

Menurut Elaine Larson PhD "beberapa penelitian menyebutkan terlalu sering menggunakan sabun seperti itu bisa memicu resistensi antibiotik jangka panjang. Dalam kondisi darurat Anda bisa menggunakan hand sanitizer tapi,"

3. Menggosok tangan hanya sebentar

Terlalu cepat menggosok tangan juga kurang efektif untuk membunuh kuman, ada baiknya anda menggosok tangan anda sekitar 20 -30 detik di sekitar telapak tangan sampai ke sela - sela jari.Jangan lupa juga untuk membersihkan kuku atau ujung jari dan gunting lah kuku dengan rutin karena kuku panjang dan tidak bersih merupakan tempat bakteri dan kuman bersembunyi.

4. Lebih baik menggunkan bahan ( seperti kain ) dari pada menggunakan mesin pengering

Nah, kalau saya sendiri memang lebih setuju untuk poin berikut ini, karena menurut saya, memakai mesin pengering sangat tidak efektif menghilangkan kuman setelah mencuci tangan.Ada baiknya anda memakai handuk atau kain bersih untuk mengeringkan dan jika anda suka berpergian selipkanlah handuk bersih  di dalam tas atau disela-sela barang bawaan anda,karena tidak semua toilet umum menyediakan handuk yang bersih .

"Pengeringan paling baik dengan bahan, bukan mesin pengering karena justru masih banyak kuman yang menempel, bahkan dari pengeringnya sendiri," kata dr Akira Prayudianto SpA dari RSAB Harapan Kita.

5. Menyentuh benda lain di toilet usai cuci tangan

"Setelah mencuci tangan dengan bersih, jangan kacaukan kebersihan itu dengan menyentuh benda lain sesaat setelahnya. Ingat, 10% pengguna toilet tidak mencuci tangannya sehingga kemungkinan kuman masih menumpuk terbuka lebar," kata dr Marty.

Mengambil kesimpulan dari kutipan diatas, gunakanlah Hand Sanitizer setelah keluar dari toilet, agar kebersihan tangan anda tetap terjaga setelah keluar dari toilet.


Mungkin rangkaian saran diatas suka kita lupakan,tapi usahakanlah menjaga kebersihan dari hal - hal kecil seperti cuci tangan supaya kita tetap sehat dan tetap lancar  dalam beraktivitas.





Postingan terkait: