E-Money, Gak Bikin Dompet Tebal

Hallo Sahabat!

Dengan semakin muthakirnya teknologi di saat ini berbagai macam kegiatan pun sudah semakin cepat dan canngih. Dari dahulu kita menggunakan sistem barter atau bertukar barang sampai sekarang sudah mulai bisa transfer-transferan. Pertumbuhan E-Commerce sebagai wadah jual beli online juga semakin meningkat pesat, itu artinya kita semakin dimudahkan dalam urusan belanja mungkin sampai jajan sekalipun tanpa harus ke pasar lagi atau ke kios tetangga, cukup minum kopi di depan TV sambil nunggu kurir datang mengirimkan pesanan. 

Hampir sebagian besar masyarakat modern saat ini sudah tak perlu repot-repot lagi untuk membawa uang fisik dalam jumlah besar karena hanya dengan Debit Card mereka sekarang sudah bisa beli berbagai macam barang. Uang kita saat ini sudah memiliki lintasnya sendiri, yaitu melalui jaringan internet yang terhubung dari kabel fiber atau jaringan nirkabel. Coba saja jaringan itu terlihat oleh pandangan kita, mungkin kita akan melihat uang terbang kesana kemari seperti rute pesawat yang sudah di atur sedemikian rupa. Terkadang, orang kaya pun sudah sulit kita deteksi melalui ketebalan dompetnya, karena ukuran kartu debit hanya setebal kuku. Kita akan tau jika dia orang kaya kalau dia menunjukkan harta bendanya. Jadi, bisa saja orang yang penampilannya biasa saja ternyata saldo direkeningnya banyak ehehehe.




Nah,seperti yang kita ketahui kini sudah banyak orang yang sudah menggunakan uang eletronik atau e-money.yaitu alat pembayaran dengan nilai uang telah tersimpan secara elektronik pada server atau pun kartu. Kartu E-money ini kemudian dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di internet maupun merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu e-money.
E-money kini sudah banyak di Indonesia yang disediakan oleh Bank Konvensional dan Syariah di Indonesia. Seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI.

Apakah E-Money itu aman ?
Sebagian besar orang sudah mempercayakan ini kepada pihak bank yang mengeluarkan layanan E-Money. Mungkin ini akan sedikit repot jika kartu e-money hilang karena kesalahan kita sendiri, sementara ini belum ada kasus yang bebau negatif soal e-money. Mungkin berbeda dengan Mobile Banking atau Internet Banking yang beberapa kali punya kejadian hilangnya duit atau tercuri nya ID login serta password si pemilik karena ulah hacker atau kelalain manusia sendiri pula.

sumber : liputan6.com

E-money membuat kita jadi tidak begitu was-was pastinya akan tindak pencurian, karena kita bisa melapor nantinya agar e-money tersebut tidak bisa di gunakan lagi dan dibuatkan e-money yang baru.
Penggunaan e-money ini sementara hanya sering kita temukan pada kota-kota besar karena di beberapa tempat tak ada merchant untuk menggunakan e-money dan masih menggunakan uang fisik.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "E-Money, Gak Bikin Dompet Tebal"

Post a Comment