Susah tidur malam ? Mungkin Karena Hal ini

Hallo Sahabat,



Ngerasa gak kalau kita kadang udah ngantuk parah, tapi ketika hendak tidur, eh malah gak bisa hehehe.
Susah tidur malam adalah hal yang paling paling banyak dialami oleh manusia di muka bumi ini. Kebiasaan susah tidur malam sering kita sebut sebagai penyakit Insomnia ( awas salah, Insomnia yaaa, Kalo insomnisa itu mah udah laiiinnn :p ).
Insomnia juga diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia bisa disebabkan beberapa hal antara lain ;

  • Bekerja pada malam hari
  • Pengaruh efek samping obat - obatan
  • Perubahan waktu kerja yang memaksa tubuh untuk melawan ritme tubuh dari yang biasanya
  • Penggunaan Alkohol yang berlebih
  • Pola tidur yang salah, atau
  • Jet Lag bagi yang suka berpergian  

Gadget bisa jadi salah satu penyebab insomnia, bagaimana bisa ?
Bedasarkan penelitian para ahli, cahaya biru yang dipancarkan dari layar gadget anda hampir serupa dengan cahaya disiang hari yang menghambat produksi hormon Melatonin. Sedangkan Melatonin itu sendiri adalah hormon yang membantu manusia untuk tidur. Mungkin lebih baik bagi anda yang memang kecanduan gadget, anda sudah bisa berlatih untuk mengistirahatkan gadget anda pada malam hari, supaya kualitas tidur anda jadi lebih baik.

Obat tidur memang adalah senjata ampuh untuk orang yang punya gejala Insomnia, tapi alangkah baiknya jika kita bisa merubah jadwal istirahat dan tidur kita secara alami saja (dibiasakan).
Keadaan kamar yang tenang dan bersih juga berpengaruh untuk menenangkan tubuh dan pikiran anda sebelum memasuki waktu tidur, karena dengan keadaan tubuh yang rileks tidur sahabat akan lebih nyenyak .

Postingan terkait: