KUOTA CEPAT HABIS ? COBA PERHATIKAN HAL INI



Hallo Sahabat !

Sekarang penggunaan internet sudah semakin marak saja, yang awalnya cuma bisa diakses dengan perangkat Komputer Desktop (PC), sekarang sudah bisa diakses dimana - mana menggunakan Smartphone. Jika dilihat memang sudah hampir sebagian kegunaan PC di jaman sekarang sudah bisa dilakukan dengan Smartphone.

Kalau ngomongin akses internet selain pakai jaringan Wi-Fi, kita pasti menggunakan kuota atau paket data yang biasa kita beli sama abang – abang jualan Pulsa hehehe . Harga paket data pun sekarang relatif mahal bahkan sekarang ada provider yang identik dengan warna merah memberlakukan tarif sesuai zona yang mereka tentukan. Bedasarkan pengalaman teman – teman dan saya sendiri, saya akan coba berbagi bagaimana caranya menghemat paket data walaupun sedikit hehehe..

-          Socmed atau Apps yang bekerja dibackground

Bagi anda yang doyan update, pasti semua socmed yang lagi trend anda punya hehehe, sebenarnya tanpa kita sadari apps yang standby saat Smartphone terkoneksi internet akan terus menguras paket data anda. Log Out Apps ( yang terkoneksi internet ) yang tidak perlu, selain menghemat kuota hal ini juga memperngarhi hematnya baterai dan leganya RAM anda.

-          Auto Update Apps

Biasanya kita lupa men-setting Store Aplikasi di Smartphone kita untuk tidak melakukan update secara otomatis. Ini bisa jadi penguras kuota terbesar biasanya, mungkin bila anda ingin auto update dilakukan, pastikan settingannya memilih pilihan untuk update otomatis saat berada di jaringan Wi-Fi saja.

-          Instagram Autoplay Video

Akun Instagram yang banyak follow akun yang memposting video juga akan banyak menguras kuota, kenapa ? Karena, saat kita scroll Instagram dan melewati akun yang memposting video, dengan fitur auto play videonya Instagram akan terus mendownload video tersebut dan akan masuk ke cache App Instagram kita , supaya nanti pas kita scroll ke atas Videonya udah langsung ke putar.
Dalam hal ini, Instagram juga punya setting untuk Less Data Usage ( meminimalisir penggunaan kuota) . Caranya, masuk pada menu setting, pilih cellular data use lalu pilih Less. Dengan cara ini, biasanya video yang ada di Instagram akan play saat kita Tap dan Foto yang terdownload (yang terlihat)  adalah foto yang kita view saja .

  
-          Atur Data Usage
Ini sering saya temukan di Smartphone Android, yang gunanya untuk mengingatkan kita jika kita sudah dimenyentuh limit kuota yang kita batasi sendiri. Jika, perlu anda bisa mengaturnya, tapi bagi saya ini sedikit mengganggu karena notifikasinya kadang – kadang masih selalu saja muncul setelah notifnya kita clear.

-          Buat anda pengguna Notebook, Update otomatis system operasi anda harus anda waspadai.
Waduh, ini judulnya panjang amat yaaa hahaha. Ini memang menjadi pengalaman buruk saya, menggunakan modem dengan kuota 5 GB yang direncanakan untuk 1 bulan lenyap dalam waktu 1 Minggu :’) . Download otomatis dibackground terus berjalan tanpa pandang bulu -_-“ . Jadi, ingat – ingat dulu deh coba , udah di non-aktifkan atau belum hahaha


Sepertinya itu saja, selebihnya mungkin anda bisa mengetahuinya dari blog – blog lain yang lebih oke hehe. Terima kasih sudah mampir :D

Postingan terkait: