Perlu Powerbank ? Baca ini Sebelum Beli

( image from : www.apptekno.com)


Hallo Sahabat !

Emang tak bisa dipungkiri lagi, colokan listrik dan koneksi internet emang begitu berarti saat ini. Pasalnya, konsumsi baterai saat menggunakan koneksi internet pada smartphone begitu besar, berbeda ketika zaman handphone yang sejatinya masih digunakan untuk berbalas pesan (SMS) dan terima telfon saja, mungkin saja fenomena ini tak terjadi.Jadi tak perlu heran lagi jika kita melihat orang-orang sekitar kita saat ini selalu ready charger di tasnya.

Mungkin atas dasar itu juga diciptakannya pengisi daya portable yang disebut Powerbank.
Powerbank memiliki kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 2000 mAh bahkan sampai 30.000 mAh atau mungkin lebih yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Nah , jika anda berniat membelinya , saya punya sedikit tips buat pilah pilih powerbank berkualitas. Karena, menurut berita dari situs-situs gadget yang saya peroleh, sekarang sudah banyak Powerbank palsu dan bisa merusak gadget kita.


1. Merk Atau Pabrikan Powerbank

Jangan cepat tergoda dengan powerbank yang covernya bertuliskan merk-merk ternama. Sudah ada beberapa user yang membeli powerbank seperti itu tertipu setelah mengecek komponen didalam powerbank, seperti chip atau baterai yang tak sesuai dengan kapasitas yang tertulis dipowerbank. Pastikan anda membeli Powerbank dari dealer resmi dan memiliki garansi atau jika anda membelinya memlalui pembelian online, pastikan juga dari penjual atau toko online yang terpercaya.

2.Kapasitas Powerbank

Seperti penjelasan dipoint 1, powerbank berkualitas pasti memiliki kapasitas daya yang real dan di itu bisa diukur dari berapa kali anda bisa men-charging smartphone anda (tergantung kapasitas baterai smartphone ). 

3.Safety Protection Pada Powerbank

Safety Protection juga penting untuk keamanan anda, karena tanpa safety protection bisa memnyebabkan power bank meledak karena arus yang tak stabil.sebelum membeli lebih baik anda sedikit membaca informasi tentang powerbank yang ingin anda beli, perhatikan beberapa fitur yang ditawarkan dan safety protection yang disematkan.

 4.Fitur

Beberapa powerbank memiliki fitur tambahan seperti senter atau Wifi.Mungkin lebih baik anda membeli powerbank tanpa embel-embel senter atau wifi,karena akan membuat arus yang kelur (output) menjadi tidak stabil.

5. Cells Atau Baterai

Cells atau baterai adalah komponen utama yang harus diperhatikan, powerbank yang bagus sudah jelas menggunakan Cells yang bagus pula, tapi untuk jaga-jaga kembali lagi untuk nge-check info komponen powerbank tersebut.

6.Kabel Konektor Powerbank / Colokan

Kabel konektor yang tak baik dalam menghantarkan arus bisa merusak smartphone. Jika konektor dari powerbank anda jelek, anda bisa menggunakan konektor bawaan smartphone anda.Tapi ada juga beberapa produsen powerbank memberikan kabel konektor yang bagus untuk anda gunakan.So, lebih selektif lagi pastinya :D

7.Harga Powerbank

Kalau kata pepatah sih, Harga enggak pernah bohong, nah begitu juga dalam hal ini, banyak powerbank murah yang beredar saat ini namun berkualitas rendah.Ada juga powerbank yang murah tapi ga murahan.Sebagai contoh , saya baru membeli powerbank Xiaomi 10.400 mAh. Powerbank ini memang terbilang murah, tapi fitur dan kualitasnya cukup oke.

8.Keaslian Powerbank

Keaslian powerbank memang sangat menentukan kualitas powerbank itu sendiri, teliti sebelum membeli, pahamilah bagian atau fitur-fitur yang ada pada powerbank asli karena itu akan memudahkan anda membedakan mana powerbank yang asli dan yang palsu.

9.Model / Bentuk Powerbank


Untuk urusan model powerbank, saya juga yakin anda sudah punya pilihan masing - masing. Pilihlah model atau bentuk powerbank yang sesuai dengan kebutuhan anda .

Postingan terkait: