Semangat Cari Kerja, Tapi Tetap Hati- Hati

Haloo Sahabat !

(Image From :alldubai.ae)

Kalau ngomongin soal nyari kerja sudah pasti dengan seketika pikiran jadi ikutan mumet. Pasalnya, nyari kerja sekarang tidak ada lagi kata gampang-gampang susah, tapi beneran susah. Tingkatan pendidikan sampai pengalaman kerja yang kita punya belum tentu kita bisa mendapatkan pekerjaan.Banyak yang bilang, dizaman sekarang ini kalau gak punya “backingan” jangan harap deh tapi katanya tidak semuanya begitu, masih ada juga lulusan murni yang memang memiliki kriteria yang dicari.

Keadaan ini membuat para pelaku kejahatan cepat mengambil sikap untuk mencari peruntungan lewat tipu daya dalam dunia kerja. Sudah ada beberapa kejadian yang diiming-imingi perkerjaan tapi akhirnya mengalami kerugian karena mengirimkan sejumlah uang kepada penipu. Biasanya cara si penipu melancarkan aksinya dengan mengirimkan email yang berisikan undangan tes kerja ke luar kota yang sudah disetting sedemikian rupa agar terkesan benar, berlanjut ke arahan untuk menelpon travel yang bekerja sama dan meminta uang untuk ditransferkan.
Supaya hal-hal seperti ini bisa kita minimalisir, ada beberapa saran dari hasil sharing-sharing dengan teman dan bebebrapa artikel yang sudah kami baca di internet.

Cek langsung ke website resminya.

Jika menerima undangan tes dari email atau internet, pastikan kamu mengecek website resmi perusahaan yang bersangkutan. Jika memang diwebsite resmi, hal-hal rekrutmen seperti ini jelas terpampang dihalaman muka website atau memang sudah ada halaman khusus yang diperuntukan untuk mereka yang mencari peluang karir.

Info kerja dari web yang bukan situs resmi lebih baik disaring lagi

Banyak blog-blog sekarang yang memang dengan ikhlas sengaja share soal lowongan perkerjaan, tapi ada juga yang asal buat agar blog mereka update terus. Disini sama halnya seperti diatas tadi, cari tau lagi apa benar perusahaan yang bersangkutan mengadakan rekrutmen pegawai atau staff.

Untuk konfirmasi, biasanya pihak perusahaan mengabari via telepon

Biasanya pihak pengada lowongan pekerjaan ini mengkonfirmasikan untuk para calon pegawainya melalui telepon, ada juga yang via SMS. tapi tetap waspada, jika mereka meminta sejumlah uang itu sepertinya bukan pihak perusahaan. Karena perusahaan yang mengadakan tes, jarang atau memang sama sekali tidak pernah memungut biaya.

Pastikan lagi kebenaran adanya lowongan kerja tersebut lewat contact Perusahaan yang bersangkutan

Jika memang masih belum yakin, hubungi saja kontak yang ada diwebsite resmi atau langsung datang ke perusahaan tersebut kalau memang masih bisa dijangkau.

Mungkin itu saja yang kami punya, terima kasih yaaaa sudah mau baca. Semoga kita tidak tertipu lagi dengan hal-hal yang seperti ini.


Postingan terkait: